Daisypath Anniversary tickers

Minggu, 21 Februari 2010

Vancouver 2010

Olimpiade Musim Dingin 2010 (XXI Olympic Winter Games atau the 21st Winter Olympics) adalah Olimpiade Musim Dingin di Vancouver, British Columbia, Kanada pada tanggal 12-28 Februari 2010. Sebagian pertandingan dilangsungkan di kota resor Whistler, British Columbia dan tiga tempat di pinggiran kota Vancouver: Richmond serta West Vancouver, dan University Endowment Lands, British Columbia. Di Indonesia, ajang olahraga ini ditayangkan RCTI dan Global TV. Olimpiade Musim Dingin dan Paralimpiade kali ini diselenggarakan oleh Komite Penyelenggara Vancouver (VANOC), sekaligus Olimpiade ketiga dengan Kanada sebagai tuan rumah, dan pertama kalinya di Provinsi British Columbia. Sebelumnya Kanada pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Montreal 1976 dan Olimpiade Musim Dingin 1988 di Calgary, Alberta.

Sesuai tradisi Olimpiade, wali kota Vancouver waktu itu, Sam Sullivan menerima bendera Olimpiade dalam upacara penutupan Olimpiade Musim Dingin 2006 di Torino, Italia. Olimpiade ini secara resmi dibuka oleh Gubernur Jenderal Michaëlle Jean atas nama Ratu dan Kepala Negara Kanada Elizabeth

Sejumlah 82 Komite Olimpiade Nasional ikut serta dalam Olimpiade Musim Dingin 2010. Kepulauan Cayman, Kolombia, Ghana, Montenegro, Pakistan, Peru, dan Serbia ikut serta untuk pertama kalinya dalam Olimpiade Musim Dingin. Jamaika, Meksiko, dan Maroko juga kembali ikut serta setelah tidak mengikuti Olimpiade Musim Dingin 2006 di Torino. Tonga berusaha tampil untuk pertama kalinya di Olimpiade Musim Dingin hanya dengan mengandalkan atlet cabang luge. Setelah mendapat perhatian sejumlah media massa, atlet Tonga tidak lolos babak final penyisihan. Dua atlet Luksemburg berhak ikut, namun Luksemburg tidak turut serta dalam Olimpiade Musim Dingin kali ini karena salah satu atletnya tidak memenuhi kriteria Komite Olimpiade Nasional Luksemburg,[7]dan seorang lagi cedera.

Negara-negara berikut ini ikut serta dalam Olimpiade Musim Dingin 2006 di Torino, namun tidak ikut serta di Vancouver:



dapet dari wikipedia. jadi maaf kalo bahasanya kurang dimengerti :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar